Cipanas Cileungsing Buahdua Sumedang

     Pemandian air Panas Cileungsing Buahdua Sumedang merupakan pemandian air panas asli yang keluar dari kaki gunung Tampomas. Mata Air Cipanas Cileungsing bisa kita lihat bagaimana air tesebut keluar dari tanah dan terasa panas sekali hampir tak kuat di telapak tangan. Tentunya pengunjung harus minta ijin dulu kepada kuncen (penjaga) mata air tersebut. Begitu keluar dari mata air, air panas tersebut ditampung dalam kolam yang cukup besar, dari kolam tersebut maka dibuatlah beberapa pengeluaran air untuk mandi (istilah bahas sunda pancuran)yang terbuat dari pipa besi 1" kurang lebih 20buah, yang terbagi dua untuk tempat terpisah untuk pemandian laki-laki dan perempuan.

     Air yang keluar dari "pancuran" terasa panas sekali sehingga untuk bisa mandi langsung dari pancuran tersebut tidak mungkin bisa dilakukan pengunjung harus beradaptasi dulu dengan suhu air tersebut. Air panas ini cocok sekali untuk pengobatan penyakit kulit, reumatik, pegal-pegal dll. Air panas ini mengandung belerang yang cukup tinggi dan terasa menyengat baunya.

     Bagi yang tidak terbiasa dengan air panas yang pasa sekali maka disipkan bak air dingin yang bisa diambil airnya untuk dicampur dengan air panas, atau ingin lebih relax lagi bisa memesan pemandian air panas yang di dalam kamar yang sudah disiapkan 2 buah kran yaitu air dingin dan air panas sehingga tinggal dibuka kran dan diatur panasnya dalam bak mandi dan pengujung bisa berendam dalam bak tersebut                  




cipanas.buahdua.com  

 
Design provided by Free Web Templates - your source for free website templates